Bisnis dapat berkembang dengan baik apabila terdapat kultur, misi, serta value perusahaan yang sangat penting untuk membangun identitas perusahaan.

Akan tetapi, untuk memastikan bahwa seluruh karyawan menjunjung hal-hal tersebut (kultur, misi dan value perusahaan) tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling tepat untuk melakukannya adalah dengan membangun budaya perusahaan (company culture).

Khususnya di era milenial sekarang, company culture atau budaya perusahaan adalah hal yang wajib dibangun agar terjadi keselarasan misi dan visi dalam perusahaan dan rasa nyaman antar karyawan di dalam perusahaan.

Apabila Anda bingung bagaimana cara membangun budaya perusahaan, berikut 5 (lima) tips dari AWK ACADEMY tentang membangun budaya perusahaan.

#1 Ketahui Peran ‘Budaya’ Dalam Bisnis

Membangun sebuah budaya dalam bisnis harus dilakukan sejak awal. Dengan adanya budaya dalam bisnis, akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan segala masalah yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Budaya akan membuat Anda selalu bertahan di jalan yang tepat demi mengembangkan bisnis sesuai tujuan dan visi. Oleh karena itu, saran kami adalah terlebih dahulu Anda harus pahami dan ketahui peran ‘budaya’ Anda sesuai dengan visi Anda.

Budaya tersebut akan berkembang seiring dengan perkembangan bisnis Anda. Para karyawan Anda pun bisa dengan mudah beradaptasi dengan budaya kerja saat ini.

#2 Menghargai Setiap Perbedaan

Ini adalah bagian terpenting dalam tempat kerja yang ‘budaya’ harus dibangun.

Perbedaan di tempat kerja merupakan hal yang wajar, tapi belum semua orang bisa menerimanya dengan lapang dada dan pikiran terbuka. Bahkan seharusnya Anda menerapkan untuk menghargai perbedaan sejak proses rekrutmen karyawan Anda.

Dengan adanya beragam jenis karyawan dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, sebenarnya perusahaan Anda akan lebih berwarna dan Anda bisa meminta mereka untuk mendukung satu sama lain dalam membangun budaya perusahaan.

Ide-ide yang mereka hasilkan juga pasti akan lebih beragam, sehingga nantinya Anda akan memiliki banyak variasi pilihan untuk dipertimbangkan dan diterapkan.

#3 Selalu Mengutamakan Team

Anda tentu ingin menghasilan produk terbaik yang banyak dibeli orang, bukan?.

Hal tersebut hanya bisa terjadi apabila team internal Anda merasa bahagia dalam mengerjakannya.

Oleh karena itu, Anda harus selalu mengutamakan team.

Hal ini termasuk dalam salah satu upaya membangun budaya yang baik pada perusahaan. Tunjukkan bahwa Anda berada pada pihak karyawan Anda dan akan selalu mendukung mereka.

Bebaskan mereka dalam berkreasi, namun Anda masih berhak memberi pengawasan agar tidak ada hasil produk yang melenceng.

Terpenting adalah berikan akomodasi kebutuhan mereka selama masih sejalan dengan target perusahaan.

#4 Komunikasi Transparan

Budaya baik dan efisien haruslah dilakukan oleh seluruh jajaran karyawan perusahaan. Bukankah itu harapan Anda juga sebagai pemilik bisnis?.

Agar tercipta budaya yang baik dan efisien, dibutuhkan komunikasi secara transparan.

Sebarkan budaya perusahaan Anda di tempat-tempat yang mudah terlihat, atau bahkan pada blog perusahaan Anda.

Dengan terpampang jelas, para calon karyawan bisa dengan mudah memahami perusahaan Anda secara mendalam. Jadi, ketika akhirnya resmi bekerja, mereka tidak akan mengalami culture shock. 

Meski begitu, tidak semua budaya bisa cocok dengan seluruh karyawan. Beberapa dari mereka mungkin akan mengajukan pertanyaan. Jawablah secara transparan hingga mereka benar-benar paham.

Dan yang terakhir adalah…

#5 Always Be Happy

Apa gunanya membangun budaya pada perusahaan apabila para karyawan Anda justru merasa tidak bahagia?. Atau terlebih sudah mulai melakukan demo keci-kecilan walaupun tidak turun kejalan.

Mereka tidak akan keberatan bekerja keras apabila menikmati apa yang dikerjakan, dan hal tersebut dimulai dari adanya perasaan bahagia.

Lagi-lagi kuncinya terletak pada komunikasi. Sisihkan waktu untuk mengobrol dengan para karyawan, pastikan bahwa mereka melakukan sesuatu  sesuai minat masing-masing.

Sesekali, tidak ada salahnya mengajak para karyawan untuk bersenang-senang di luar jam kerja, misalnya menonton atau makan siang bersama. Hal tersebut penting untuk menjalin ikatan di antara anggota team.

Dengan 5 (lima) tips untuk membangun budaya dalam bisnis., Anda dan setiap karyawan yang bekerja di perusahaan adalah cerminan dari budaya perusahaan.

Fasilitasi kebutuhan karyawan selama masih sejalan dengan target dan budaya perusahaan. Kuncinya terletak pada komunikasi yang harus berjalan dua arah dan transparan. Jangan hanya jadi boss tapi jadilah seorang pemimpin (leader).